About Me

My photo
I'm just ordinary woman who really loves reading and writing :)

Saturday, April 2, 2016

New Busy Book Project :-)

Seusai menyelesaikan busy book pertama yang super awesome (memuji diri sendiri😂😂 ), saya langsung cus membuat yang baru karena tertarik sama pattern yang (lagi-lagi) gratisan di Pinterest. Kali ini, busy book nya bertema, yaitu Laut/samudera (Ocean). Kenapa pengen bikin ini karena simpel dan sederhana untuk dimainkan oleh anak usia 1+. Berbeda dengan busy book pertama yang lebih cocok untuk anak usia 2/3+.
Dalam membuat busy book ini sedikit banyak ada kendala. Kendalanya ya faktor J (jenuh) dan faktor M (males) 😂. Jenuhnya karena benar-benar sangat sederhananya permainan ini. Malasnya karena sudah dibuat lelah oleh berbagai macam pekerjaan rumah saat pulang kantor, sehingga malamnya ngantuk berat.

Jenuh tak boleh berlanjut, oleh karenanya cari inspirasi di pinterest, dan taraaa...muncul ide untuk membuat buku ini ga hanya busy book biasa, tetapi juga berfungsi sebagai sensory book. Proyek buku ini sempat terhenti dua kali dalam jangka waktu yang panjang... akhirnya setelah 6 bulan terbengkelai,muncullah ide dan semangat ini...
Oya saya mendapatkan free printable pattern nya di sini
Alhamdulillah dimudahkan menyelesaikannya!

Berikut ini halaman-halaman yang berhasil dibuat:

1. Swimming Fish


2. Turtle Matching Shape



3. Pearl Peek A Boo




ada hidden fish lo!


4. Sand Castle



5. Fish Puzzle




6. Hidden Treasure








7. Octopus Counting



8. Whale




Beginilah Proses menyatukan halamannya!
Pertama-tama disatukan dahulu tiap dua halaman jadi satu lembar buku. Saya menggunakan tusuk feston untuk menyatukannya seperti terlihat di gambar:


Saat disatukan saya memberi kain tambahan di salah satu sisi agar nanti bisa digunakan untuk area menyatukan halaman menjadi buku. Pada saat membuat Quiet Book dulu, saya menempel lembaran halaman ke kain yang lebih lebar, namun hal ini tidak meghemat waktu dan juga boros kain! Jadi saya mengubah cara saya menyatukan halaman dengan cara irit ini hehehe.. jika mau lebih irit, dari awal potong kain yang lebar sesuai kebutuhan untuk menyatukan lembaran menjadi buku :-)
Proses penyatuan ini memang agak memerlukan pemikiran, tergantung kreatifitas masing-masing orang.



Jurus berikutnya setelah dua halaman telah dijahit menjadi satu lembar, selanjutnya menyatukan lembaran-lembaran buku menjadi satu, saya sendiri melakukannya dengan cara di bawah ini:



Ini adalah busy book yang sudah jadi!


Detail covernya seperti ini, menggambarkan sebagian isi buku:


Jika diambil gambar dari samping bawah akan terlihat seperti berikut:


Dari atas seperti berikut:


Ini adalah halaman belakang. Saya suka membubuhkan tahun pembuatan di halaman belakang. Karena saat membuat cover baik depan maupun belakang sedang kehabisan ide, maka hanya dibuat sederhana seperti ini... meski begitu saya cukup puas dengan hasilnya ^^


Beginilah busy book jika dibuka per halaman:










Yeay Alhamdulillah sudah memiliki 2 busy book~


Selamat datang proyek baruu ~

No comments:

Post a Comment